468x60 Ads


Mengecilkan File Presentasi di Open Office/Oracle Presentation

Sebelumnya, penulis tergerak membuat artikel ini berdasarkan artikel serupa di sini dan di sini. Penulis sudah pernah mencoba dan ingin sharing pengetahuan dan pengalaman juga dengan pembaca lainnya. Sekaligus penulis mencoba memberikan gambaran bahwa sebagai pengguna komputer, kita tidak boleh terikat dengan perangkat lunak closed source proprietary jika begitu banyak solusi perangkat lunak open source (GNU/Linux dan FOSS atau Free and Open Source Software) yang tersedia, dengan kualitas yang sama bahkan jauh lebih bagus.

GNU/Linux menyediakan banyak solusi untuk kita asalkan kita mau mencoba atau searching (Googling). Salah satunya pada saat melakukan presentasi menggunakan Open Office Presentation (atau kini setelah diakuisisi oleh Oracle disebut Oracle Presentation). Open Office bisa diunduh di situsnya. Aplikasi ini juga sudah tersedia secara default di setiap distro GNU/Linux.

Terkadang, file presentasi terasa berat bagi komputer kita (entah karena gambar penyerta yang berat atau animasi lainnya). Untuk hal ini, menulis memberikan 2 buah solusi untuk anda :
1. Ubah file presentasi anda menjadi file PDF. Tidak perlu repot, secara default, Open Office sudah menyediakan converter ini. Penulis paling sering menggunakan cara ini.
2. Gunakan ekstensi Presentation Minimizer. Anda bisa mengunduhnya di sini. Sesuaikan dengan OS anda maupun jenis mesin anda. Solusi kedua ini penulis peroleh dari sini.

Bagi anda yang belum pernah mencoba Open Office, silahkan mengunduh secara gratis di sini. Panduan instalasi bisa anda unduh di sini. Untuk panduan penggunaan Open Office berbahasa Indonesia, silahkan mengunduh di sini atau di sini.

Free Software yang dimaksudkan di GNU/Linux tidak selalu berarti free of charge alias gratis, namun freedom alias kemerdekaan terhadap kode di dalamnya, bedakanlah dengan freeware.

Dan perangkat lunak open source juga bisa dijalankan tidak saja di platform Linux namun juga di OS lainnya.  Jadi, tidak ada alasan untuk tetap ngotot menggunakan perangkat lunak bajakan maupun membeli perangkat lunak closed source proprietary jika di dunia open source sudah tersedia solusi yang baik dengan kualitas sama, dengan harga murah bahkan gratis, dan ketersediaan source code di dalamnya.

1 komentar:

Anonim at: 10 April 2022 pukul 23.15 mengatakan...

Mengecilkan File Presentasi Di Open Office/Oracle Presentation - It Technology >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Mengecilkan File Presentasi Di Open Office/Oracle Presentation - It Technology >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Mengecilkan File Presentasi Di Open Office/Oracle Presentation - It Technology >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK cP

Posting Komentar

 
iT Technology © 2011-2013 Theme made with the special support of TKJ SMK 2 SIDENRENG Powerd By Fuad.Corp